Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Thursday, May 25, 2017

Mengenal Sistem Power Amplifier OTL (Output Transformator Less)

Apa itu sistem power amplifier OTL dan apa juga contoh rangkaiannya? | Pada suatu rangkaian penguat suara yang biasa disebut dengan Amplifier, kita akan mengenal beberapa istilah amplifier seperti BTL, OTL dan OCL. Namun khusus peda pembahasan kali ini kita hanya akan membahas tentang sistem power amplifier OTL.

OTL sendiri merupakan singkatan dari Output Transformator Less. Pada power amplifier ini, jika dibandingkan dengan power amplifier lainnya seperti jenis OCL atau Output Capacitor Less dan BTL atau Bridge-Tied Load yang membedakannya hanyalah daya penggunaannya yakni tidak lebih dari 100 watt. Namun walaupun dayanya relatif kecil, power amplifier OTL ini lebih sering digunakan pada perangkat elektronik seperti televisi, radio, handphone, laptop dan lainnya.

Pada power amplifier OTL ini, hal yang menjadi ciri khasnya yakni terdapat pada jenis catu dayanya (Power Supply). Amplifier OTL ini menggunakan tegangan non simetris yakni kutub (+) dan (-) pada batrai, atau V(+) dan (0) pada sebuah adaptor. Ciri khas lainnya pada sistem power amplifier OTL ini terdapat pada ukuran kapasitor yang berada pada bagian output speakernya yang berkapasitas cukup besar dan biasanya diatas 1000uF. Kapasitor yang digunakan sendiri merupakan kapasitor jenis elco yang memiliki 2 buah kutub yakni (+) dan (-).
Baca Juga : Rangkaian Power Amplifier BTL TDA 2030
Tujuan pemberian nilai kapasitor pada bagian output itu sendiri yakni untuk menekan tegangan DC yang masuk ke speaker, karena salah satu sifat dari kapasitor yakni memblokir arus DC dan meneruskan arus AC. jika tegangan DC tembus dan masuk ke speaker akan menyebabkan lilitan kawat email (spull) pada speaker akan cepat panas dan akhirnya rusak akibat terbakar. Untuk lebih jelas lihat contoh skema rangkaian power amplifier OTL berikut ini:
Amplifier OTL
Gambar 1. Power Amplifier OTL
Sumber : https://psmk.kemdikbud.go.id/
Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa memang sistem power amplifier ini menggunkan tegangan non simetris, namun untuk rangkaian diatas tegangan yang digunakan terbilang cukup besar yakni antar 45 volt hingga 50 volt DC. Selain itu, ciri khas lainnya terdapat capasitor dengan kapasitas yang cukup besar dibagian outputnya yakni sebesar 2200 uF untuk menekan tegangan DC masuk ke speaker.

1 comment:
Write comments

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440