Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Sunday, February 5, 2017

Rangkaian Power Amplifier BTL TDA2030

Membuat Rangkaian Amplifier TDA 2030 Bridge. Rangkaian amplifier BTL TDA2030 ini, merupakan rangkaian amplifier dengan menggabungkan 2 buah power amplifier sekali gus. Caranya adalah dengan melakukan bridge atau menghubungkan input (+) amplifier 1 ke input (-) amplifier 2 dan juga input (-) amplifier 1 ke input positif (+) 2.

BTL sendiri merupakan singkatan dari Bridge-Tied Load. Rangkaian Power Amplifier BTL ini menggunakan IC TDA2030 yang memiliki daya yg cukup besar, sehingga mesti dipasangkan heatsink atau pendingin yang besar pula. Berikut rangkaian Power Amplifier BTL TDA2030.
Rangkaian Amplifier BTL TDA 2030
Rangkaian Amplifier BTL TDA 2030
Rangkaian Power Amplifier BTL TDA2030 ini menggunakan supply tegangan +15 volt - 0 - -15 volt DC, sehingga trafo yang digunakan adalah trafo CT. Untuk arusnya sendiri, saya gunakan trafo yang 5 ampere, untuk itu dioda catu dayanya gunakan yang 5 ampere.

Rangkaian Amplifier ini menggunakan 2 buah power yang digabungkan dengan sistem bridge (jembatan). Sehingga, jika salah satu power mengalami kesalahan atau kerusakan, maka suara yang dihasilkan tidak normal. Sebenarnya rangkaian ini, bisa digunakan hanya dengan menggunakan 1 buah IC saja, dengan cara, salah satu output speaker langsung dihubungkan ke ground.
Baca Juga : Rangkaian Sensor Ketinggian Pompa Air Otomatis
Dari hasil percobaan saya dalam membuat Rangkaian Power Amplifier BTL TDA2030 ini, suara yang dihasilkan cukup besar, hal ini terjadi karena sinyal amplitudo yang masuk ke speaker 2 kali lebih besar secara teoritis. Hal yang perlu diingat juga, loudspeaker harus dihubungkan ke masing-masing amplifier dan bukan terhadap ground. Kecuali anda ingin memodifikasinya menjadi stereo.

Rangkaian Power Amplifier BTL ini seperti yang saya katakan sebelumnya, menggunakan IC TDA2030 yang memiliki daya cukup besar. Pada saat anda menyalakan rangkaian ini, jangan heran kalau panas yang dihasilkan oleh IC TDA2030 ini sangat panas, untuk itu gunakanlah heatsink yang besar juga untuk mengantisipasi terjadinya overheat pada IC.
Layout Power Amplifier BTL TDA2030
Layout Power Amplifier BTL TDA2030 
Gambar diatas merupakan layout jadi dari rangkaian amplifier BTL ini. Saya sendiri membuatnya menggunakan PCB fiber kemudian disablon menggunakan setrika dari plastik mika. Layout Amplifier BTL diatas hanya berukuran sebesar 9 x 6,7 cm. 

Bagi anda yang ingin pdf dari layout rangkaian amplifier btl tda2030 diatas, saya sudah menyiapkan link downloadnya dengan cara klik disini. Perhatkan juga layout pdf yang saya beri ini sedikit berbeda, Anda tidak perlu memasang komponen R1, dan anda juga mesti memutar komponen C3 karena C3-nya terbalik.

2 comments:
Write comments
  1. Aplikasi bikin untuk bikin pcbnya pakai aplikasi apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak, bisa Cadsoft Eagle, PCB Wizard, Altium Designer, dll. Kalau saya lebih sering makek eagle

      Delete

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440