Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Friday, January 27, 2017

Rangkaian Lampu LED 220V AC Tanpa Trafo

Membuat Rangkaian LED Sederhana dengan supply tegangan 220V AC | Lampu rumah yang biasa anda gunakan sehari-hari juga memerlukan tegangan 220 Volt AC dari PLN, namun apa jadi yang kita gunakan disini adalah LED. LED sendiri merupakan lampu yang hanya memerlukan tegangan yang kecil (3-5 volt) untuk menyala. Lalu bagaimana jika tegangannya lebih? yaa pasti bakal terbakar LED nya.

Rangkaian ini dapat diaplikasi sebagai lampu rumah yang sangat hemat energi dan efisiens. Yang pastinya supaya LED ini berkerja pada tegangan 220volt AC harus diberi pembatas arus/tegangan agar LED-nya tidak terbakar. LED yang digunakan sendiri adalah LED super bright, agar cahaya yang dihasilkan akan sangat terang.
rangkaian led 220v ac
Gambar 1. Rangkaian LED 220 Volt AC
Gambar diatas merupakan skema rangkaian dari lampu LED 220V AC, terlihat disana terdapat 12 led yang diparelelkan dan diserikan. Rangkaian diatas juga terdapat 4 dioda, 2 resistor dan 2 kapasitor sehingga dapat berkerja pada tegangan 220volt AC.
Baca Juga : Rangkaian Proteksi Panas Untuk Kipas Angin
Cara kerja rangkaian ini terdapat 2 blok, yakni blok penyearah dan blok pembatas arus/tegangan. Rangkaian penyearah terdapat pada 4 dioda, atau bisa juga menggunakan dioda bridge atau dioda jembatan yang fungsinya untuk mengubah arus AC menjadi arus DC. Terdapat juga elko (C2) yang berfungsi untuk menahan ripple tegangan dari dioda.

Sedangkan blok yang kedua disana terdapat 2 buah resistor yang berfungsi sebagai pembatas arus pada rangkaian ini. 2 buah resistor itu yakni R1 dengan nilai 100K dan R2 dengan nilai 56ohm dengan daya 5 watt. Kedua komponen ini penting, karena dapat membatasi arus yang mengalir dari listrik pln 220volt AC tersebut.

Rangkaian diatas bisa anda buat untuk pengganti lampu rumah atau lampu tidur, karena rangkaian ini hemat energi dan efiesien dalam penggunannya. Anda dapat menambah jumlah LED sesuai dengan kebutuhan,bisa 20, 30 atau bahkan 50, semua tergantung dari anda. Yang perlu diingat juga, hati-hati menggunakan kapasitor C1. Perhatikan nilai tegangan kerja pada C tersebut.

9 comments:
Write comments
  1. Jika ingin menambah jumlah led di pasang/disambung di mana led nya(di schematic di atas)? Dan perlu tambahan apa jika di tambah lednya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan saja mas ditambahin lednya secara paralel ngikutin pola led yang ada di rangkaian. Sebenarnya untuk memastikan, perlu eksperimen terlebih dahulu

      Delete
  2. Itu outputnya berapa gan???
    Kalau nambah led harus lihat output dulu, mungkin keluaran arusnya cm 7 volt, cz keluaran arus sama juga dihabiskan 2 led, dan kalau ingin tambah led harus tau ampernya berapa, cz kalau terlalu banyak led jadi g bisa nyala karena ampere sudah haabis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja dulu gan, kalo ragu simulasikan di proteus

      Delete
  3. Mau tanya gan,sy memasang lampu gantung cristal memakai lampu led 4 watt sebanyak 24 bh lampu dengan tegangan 220v memakai dimmer,sewaktu dimmer keadaan off kenapa lampu lednya tidak bisa padam(nyala redup)

    ReplyDelete
  4. Gan led 3warna 10 buah r dan dioda pke bpa ya mhon bntuannys

    ReplyDelete
  5. Mas klo paralel tuh led di sambung positip ke negatip setrusnya gt tw gmn

    ReplyDelete
  6. gan Klo bikin 2 rangkaian,led nya dipasang 9 dan yg satunya 12. perbandingan daya kerjanya berapa watt

    ReplyDelete

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440