Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Tuesday, January 17, 2017

Rangkaian Sensor Air Hujan Sederhana

Membuat Rangkaian Sensor Air Sederhana | Seperti yang kita ketahui air tentu sangat banyak memberikan manfaat bagi kehidupan ini, namun, anda juga harus mengetahui sifat sifat air yang biasa kita minum itu. Dalam dunia elektronika, air bisa disebut bahan setengah penghantar (seperti semikonduktor) karna air memiliki tahanan hingga ribuan ohm. Oleh karena itu, biasa kita dengar ada istilah setrum ikan di sungai atau kolam.

Dengan memanfaatkan tahanan yang ada pada air ini, kita bisa membuat sebuah rangkaian yang peka terhadap tahanan dari air itu sendiri. Rangkaian ini menggunakan buzzer sebagai indikatornya (suara) jika mendekteksi suatu tahanan seperti air. Dengan bantuan SCR kita bisa menambahkan triger (pemantik) dalam rangkaian tersebut. Berikut ini skema rangkaiannya.
skema sensor air
Gambar 1. Skema Rangkaian Sensor Air
Daftar Komponen:
  1. R1 = 1K ohm (disesuaikan, saya sarankan 58K ohm)
  2. R2 = 680 ohm
  3. D1 = 1N4004
  4. SCR1 = FIR3D (atau yang sejenis)
  5. BZ1 = Buzzer
Rangkaian diatas menggunakan SCR sebagai komponen utamanya dalam membuat suatu triger (pemantik), penggunaan dioda diatas berfungsi untuk menekan induksi dari buzzer, karena buzzer memiliki kumparan didalamnya. Untuk panel sensor, anda bisa buat sendiri seperti gambar diatas, bisa menggunakan kawat, atau bahkan menggunakan PCB yang dilukis secara zig-zag.

R1 pada rangkaian diatas, sangat berperan penting dalam rangkaian diatas. Pasalnya R ini berfungsi sebagai sensitifitas pada panel sensor tersebut, sehingga anda bisa sesuaikan sendiri nilainya. Jadi, ketika panel sensor mendekteksi air, maka otomatis aliran listrik akan terhubung dari + (tegangan) ke Gate SCR diatas, sehingga mengaktifkan rangkaian yang akhirnya buzzer akan mengeluarkan bunyi yang sangat keras.

Rangkaian diatas telah saya uji cobakan, dan berhasil sesuai fungsi. Rangkaian ini bisa berkerja pada tegangan 9V DC menggunakan batrai yang kotak itu. Sekian postingan rangkaian sensor air hujan kali ini, semoga bermanfaat! dan selamat mencoba!

Status:
Berhasil diuji coba

3 comments:
Write comments
  1. Gan ada schematicnya gak dalam bentuk eagle?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo, yang ini nggak ada gan.. maaf ya telat balasnya, saya sibuk ujian ni :)

      Delete

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440