Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Saturday, January 7, 2017

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440 Lengkap

Skema Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA 4440 Lengkap dengan Toon Control | Oke postingan perdana mengenai skema rangkaian ini saya akan membahas mengenai amplifier atau dengan kata lain penguat suara. Jadi sedikit cerita ya :) Amplifier 18 watt atau ampli la4440 sudah sangat familiar sekali bagi kami anak SMK Teknik Audio Video, karna pada saat kelas 11 SMK kami telah membuat project ini, mulai dari merencanakan hingga pemasangan yang kemudian akan dites.
ampli 18 watt la4440
Gambar jadi amplifier 18 Watt IC LA4440
Bicara mengenai rangkaian, jadi otak dari rangkaian ini tentu saja ada pada ic la4440nya. Yang dimana ampli ini berjenis stereo dan dilengkapi juga dengan tone control (pengatur nada seperti bass, treble, balance, volume dan loudness). Rangkaian ini juga dilengkapi dengan catu daya yang sudah terpasang elko sebesar 2200uF sehingga sangat baik untuk menekan ripple. Nah langsung saja kita lihat skema rangkaiannya.
amplifier 18 watt
Gambar 1. Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440
*Silahkan perbesar jika belum jelas.
Perhatikan, karena rangkaian ini stereo (dua rangkaian sekaligus) maka untuk penamaan komponen yang dobel saya beri seperti ini. Misalnya R1 maka komponen kembarannya R1,1 begitu juga R2 komponen kembarannya R2,2 dan seterusnya. Ingat tidak semua komponen ada kembarannya.

Kemudian perhatikan bagian loudnessnya yang telah saya tulis diatas. komponen itu menggunakan saklar pdt 2x3. Terdapat 3 kaki 1,2 dan 3, nah kaki 2 dan 3 ketika tersambung adalah posisi normal. Namun ketika ditekan maka kaki 2 dan 1 yang akan terhubung sehingga loudness akan aktif. Rangkaian ini menggunakan input AC 12V-0-12V atau DC 24V. Perhatikan lubang atau input tegangannya.
2x3

Min buat skemanya pakai apa?
Oooo... saya mendisein skema rangkaian ini menggunakan software cadsoft eagle versi 7.2.0. Saya sendiri dapat skema ini dari guru saya yang memberikan tugas. Kebetulan juga kemarin disuruh dibuat pakai apalikasi eagle ini biar lebih mudah dan cepat, ketimbang menggunakan spidol permanent yang dilukis diatas PCB.
Min kasih bonus layoutnya juga dong! :D Hehe
Hehe bonus ini, saya juga akan memberikan bonus layoutnya juga, jadi sebagai acuan atau paling tidak gambaran bagi kalian yang ingin membuat rangkaian yang sama seperti saya. Layout yang saya buat ini berukuran 12,5 cm x 7 cm kira kira saya segitu. Namun sesuaikan saja. Berikut Tata Letak + Layoutnya:
penjaluran
Gambar 2. Penjaluran

tata letak
Gambar 3. Tata Letak


Daftar Komponen:
No Nama Barang Spesifikasi Jumlah Barang
1 R1,1 6K8 Ohm 2
2 R2,2 5K6 Ohm 2
3 R3,3 1K5 Ohm 2
4 R4,4 10K Ohm 2
5 R6,7 4,7 Ohm 2
6 Potensio VR1 Stereo CT 50K Ohm CT Stereo 1
7 Potensio VR2 50K Ohm Mono 1
8 Potensio VR 3,4 50K Ohm Stereo 2
9 C1,1 10nf 2
10 C2,2 470pf 2
11 C3,3 4,7uf/16v 2
12 C4,4,7,7 22nf 4
13 C5,5 220nf 2
14 C6,6 4,7nf 2
15 C8,9 47uf/16V 2
16 C10 220uf/16V 1
17 C11,12 100uf/16V 2
18 C,13,14 1000uf/16v 2
19 C15,16 100nf 2
20 C17 2200uf/25V 1
21 D1,2 1N4002 2
22 IC LA 4440 LA4440 1

Bagi teman teman yang merasa bahwa gambar skema, penjaluran dan tata letaknya kurang jelas. Silahkan download saja gambarnya dengan Klik Disini. Nahh.. Itulah rangkaian amplifier 18 watt menggunakan ic LA4440 semoga dan bermanfaat, dan selalu kunjungi website kami untuk mengetahui informasi lainnya seputar elektronika.

Status:
Berhasil diujicoba

25 comments:
Write comments
  1. mas iqbal mau tanya tentang lks boleh ga salam kenal salinda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, selama saya bisa jawab, saya jawab kok. Cuman trkadang saya agak lama responnya

      Delete
  2. Rangkaian catu dayanya gimana ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari saja di web ini, uda ada saya posting. Keywordnya "Rangkaian Catu Daya" atau rangkaian "Power Supply".

      Delete
    2. Pada ampli 18watt harus dibuat sendri power supply apa dari trafo langsung disambung ke kit kan disitu sudah ada dioda dan elkonya?

      Delete
    3. Iya benar, langsung dari trafo sumber teganngan, karena sudah ada power supply disana.

      Delete
  3. Cara modif biar power daya dan baSs lebih mantap gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau yang lebih, cari power yang lebih besar gan, inikan cuma 18 watt. Saya sarankan cari ampli BTL aja

      Delete
  4. Replies
    1. tegangan disarankan 24 volt AC, bisa juga antara 12-24 volt

      Delete
  5. mas maaf kalo waktu di coba ada cacat suara dan bunyi dengung gimana ya cara penyelesaiannya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi suaranya ada? kalau suara ada tapi dengungnya juga kedengaran besar, coba perhatikan jalur ground dan jalur lainnya yang tipis tipis. biasanya ada 2 jalur yang sangat dempet yang menyebabkan terjadinya dengung. Namun selain itu alangkah lebih baik memeriksa setiap komponen sebelum dipasang.

      Delete
  6. itu cocok nya pake trafo minimal brp Ampere mas?

    ReplyDelete
  7. Ampli saya ada suara dengung aja mas tapi klo di salurkan ke hp.tv.ato viadeo..suaranya tidak keluar..gmn olusinya

    ReplyDelete
  8. Mas ada videonya ngak biar tambah faham, hahaha maaf pemula mas pengen belajar elektronik.

    ReplyDelete
  9. Kk boleh minta file skematik & board eaglenya. Mau saya coba bikin. Kalau boleh kirim ke email : md.budiartana@gmail.com

    ReplyDelete
  10. Mas minta file skematik dan board eagelnya ya. Saya tertarik mau coba rakit. Tolong krm ke md.budiartana@gmail.com

    ReplyDelete
  11. mas minta skema dan layout rangkaian amplifier 18 w ic la4440 untuk software eaglenya ya. makasi

    ReplyDelete
  12. mas minta skema dan layout rangkaian amplifier 18 w ic la4440 untuk software eaglenya ya. makasi

    ReplyDelete
  13. Itu loudspeakernya min Dan max nya brp ohm ?

    ReplyDelete

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440