Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Sunday, January 22, 2017

Rangkaian Kabel Tester IC CA3130

Membuat Rangkaian Kabel Tester Sederhana | Pernahkah, anda menggunakan perangkat listrik, lalu kemudian perangkat listrik tersebut tiba-tiba tak berfungsi? Mungkin ada 2 penyebabnya, bisa dari isi perut perangkat listrik tersebut, atau malah dari kabel inputnya sendiri yang putus, sehingga perangkat tersebut tidak aktif.

Oleh karena itu, ada suatu rangkaian yang dinamakan kabel tester. Rangkaian ini akan mendeteksi apakah dalam suatu kabel memiliki pasokan listrik atau tidak. Indikator rangkaian ini menggunakan LED jika kabel berfungsi atau memiliki pasokan listrik.

Rangkaian ini sangat sensitif dan dapat mendeteksi sinyal dari area kabel atau permukaan kabel itu sendiri dan dengan demikian tidak perlu melakukan kontak langsung dengan kabel telanjang yang dapat menimbulkan resiko tertentu. Berikut skema rangkaiannya.
rangkaian kabel tester
Gambar 1. Rangkaian Kabel Tester
Rangkaian diatas dapat digunakan untuk menguji kabel lainnya, seperti modem, audio/video dan kabel antena parabola. Intinya, kabel yang diuji tersebut adalah kabel yang memiliki sinyal frekuensi AC atau bolak balik (Alternating Current). 

Rangkaian tersebut dibangun menggunakan IC OP-AMP CA3130. IC tersebut adalah penguat oprasional BiMOS dengan input dan output MOSFET CMOS. Rangkaian ini memiliki transistor PMOS di masukan untuk memberikan kesan impedansi input (masukan) yang sangat tinggi dan kecepatan yang sangat baik, sehingga dapat mengukur sinyal yang lemah.

1 comment:
Write comments

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440