Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Sunday, January 29, 2017

Rangkaian Charger (Isi Ulang) Baterai 12 Volt

Rangkaian Charger Batere atau Aki 12 Volt | Bicara mengenai charger atau isi ulang baterai, tentu itu akan sangat berguna sekali. Apalagi untuk supply tegangan barang-barang penting, seperti untuk motor (Aki) dan perangkat listrik lainnya. Rangkaian yang akan kita bahas kali ini, tidak hanya dapat mencharge atau mengisi ulang baterai 12 volt namun juga dapat digunakan pada aki.

Rangkaian charge baterai 12 volt ini menggunakan IC LM350 sebagai regulator tegangan yang dapat mengalirkan arus sebesar 3 ampere. Rangkaian charge baterai 12 volt ini tidak hanya bisa mengisi baterai kering, namun juga bisa digunakan pada accumulator.

Tegangan input yang digunakan pada rangkaian charge baterai 12 volt ini memerlukan supply tegangan antara 17 volt hingga 30 volt dan mampu melewatkan arus sebesar 3 ampere. Untuk membuat rangkaian ini, anda bisa perhatikan gambar rangkaian charger baterai 12 volt berikt ini.
rangkaian isi ulang baterai aki 12 volt
Gambar 1. Rangkaian Isi Ulang Baterai 12 Volt
Rangkaian charger baterai 12 volt diatas dilengkapi dengan potensiometer pada P1 dengan ukuran sebesar 2K2 ohm, sehingga dapat mengatur supply tegangan dari +13,5 volt DC hingga +14,5 volt DC. Jika anda tidak ingin menggunakan potensiometer, anda juga bisa menggunakan trimpot untuk mengatur nilai resistansinya.
Baca Juga : Rangkaian Proteksi Polaritas Terbalik
Saran saja, jika anda ingin memonitoring suhu baterai yang dicas, maka anda bisa mengganti R3 dengan nilai 10K ohm dengan komponen NTC sebagai sensor panas baterai. Sehingga dalam penempatannya-pun harus dekat dengan baterai, atau dipasang dibodi rangkaian.

Dioda D1 mengalirkan semua arus dari input tegangan ke rangkaian isi ulang baterai 12 volt. Karena arus yang disarankan adalah sebesar 3 ampere, maka anda mesti menggunakan dioda yang dapat mengalirkan arus sebesar 5 ampere atau lebih. 

Perhatikan juga bahwa komponen Q1 yakni bertipe BD 140 dan berjenis PNP. Sedangkan Q2 bertipe BC547 dengan jenis NPN. Disarankan juga untuk kedua tipe transistor diatas, sebaiknya menggunakan heatsink, untuk menghindari dari panas yang berlebihan atau overheat.

No comments:
Write comments

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440