Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Tuesday, January 31, 2017

Pengertian dan Fungsi Relay Dalam Elektronika

Penjelasan dan Fungsi Relay | Relay merupakan suatu komponen elektronika yang dapat memutuskan dan menyambungkan aliran listrik secara elektromagnetis sehingga lebih sering disebut dengan saklar elektronik. Relay biasa digunakan untuk membuat rangkaian sensor seperti sensor suara, sensor gerak, sensor cahaya, sensor sentuh, sensor tepuk dan lain sebagainya.

Relay biasa digunakan untuk mengendalikan perangkat listrik yang lebih besar dan hanya memerlukan tegangan yang lebih kecil untuk mengaktifkan relaynya. Sebenarnya untuk setiap relay memiliki tegangan kerja yang berbeda-beda, tergantung dari jenis dan tipe relaynya. Berikut gambar dari simbol relaynya.
simbol relay
Sumber : Phidgets
Gambar diatas adalah skema dari relay. Nah jadi relay sebenarnya berperan sebagai saklar otomatis, yang dapat mengendalikan perangkat listrik lain. Contohnya, jika pada bagian 2 kaki lilitan yang berfungsi sebagai input tegangan relay diberi arus listrik, maka akan terjadi induksi dan mengakibatkan efek medan magnet, sehingga arah sambungan dari common relay berubah.

Perlu diperhatikan juga, bahwa pada relay ada yang dikenal dengan Common, NC dan NO. Common adalah titik tengah dimana perangkat listrik akan disambungkan. Sedangkan NC merupakan singkatan Normally Close, yang artinya pada saat kondisi normal posisi saklar tersabung (rangkaian tertutup). Dan NO (Normally Open) posisi saklar akan terlepas (rangkaian terbuka) pada kondisi normal.

Jadi relay ini sanagt berperan luas sekali dalam suatu pembuatan rangkaian elektronika. Karena fungsi yang bisa sebagai saklar otomatis. Relay juga ada yang banyak jenis, contoh gambar diatas adalah relay tunggal (SPST) dan relay ganda (DPDT).

Postingan ini merupakan seri dari label komponen elektronika yang nantinya akan saya bahas lagi yang lainnya. Sebenarnya hari saya akan memposting mengenai skema rangkaian lagi, cuman karena waktu sudah terlalu malam (saat ini jam 22.00) maka saya akan membahas hal yang ringan ringan saja.

Baik semoga postingan mengenai komponen elektronika yakni relay diatas bermanfaat dan mudah dimengeri. Harap maklum saja jika penjelasannya terlalu bertele-tele, karena saya saat ini sudah kehabisa ide untuk membuat postingan mengenai rangkaian apa gitu.. Hehe, sekian terimakasih.

No comments:
Write comments

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440