Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Tuesday, January 24, 2017

Rangkaian Pengganda Tegangan Sederhana

Membuat Rangkaian Pelipat Tegangan IC 555 | Pernah buat pengganda tegangan? Mungkin sebagaian anda akan berfikir, bahwa untuk menambah suatu tegangan pada output mesti menggunakan transformator yang didalamnya terdapat kumparan dan magnet. Namun kali ini kita hanya menggunakan IC555, yaa kita akan main IC555 lagi.

Rangkaian ini memanfaatkan tegangan yang ada diinput langsung dan juga yang ada pada output IC555 pin atau kaki ke-3. Rangkaian ini tidak menggunakan kaki ke tujuh IC555 melainkan hanya memfungsikan kaki 6 dan kaki 2 yang dihubungkan dengan resistor 33K dan kapasitor dengan kapasitansi sebesar 1nF. 
peganda tegangan
Gambar 1. Pengganda Tegangan
Gambar diatas merupakan rangkaian pengganda tegangan sederhana. Kaki 7 atau kaki Discharge (pengosongan) tidak digunakan sehingga tidak terjadi pengosongan yang akan menentukan interval dari output IC555 diatas. Pada output rangkaian terdapat kapasitor 22uF yang berfungsi menahan ripple dari output IC555.

Rangkaian diatas bisa anda gunakan jika anda memiliki perangkat listrik yang lebih besar dari yang anda miliki dengan memanfaatkan rangkaian diatas. Jika dilihat dari gambar, input tegangan sebesar 5-15 volt DC dapat diganndakan hingga 8-28 volt DC.

Untuk IC555, saya rasa akan sangat mudah sekali mendapatkan ic ini untuk membuat pengganda tegangan sederhana. Kisaran harga untuk IC555 ini berkisar anatar 2000 hingga 5000 rupiah, harga yang cukup murah jika didaerah saya yang hanya 2000 rupiah. 

Saya sarankan dalam proses pembuatan sebaiknya menggunakan socket ic 2x4, sehingga jika terjadi kerusakan IC dapat langsung dicabut saja dari socketnya tersebut untuk diganti dengan yang baru. Karena jika tidak menggunakan socket, akan sangat menyulitkan sekali dalam proses penggantian IC yang dapat beresiko merusak penjaluran.

Rangkaian diatas dapat dibuat menggunakan PCB polos atau menggunakan Software. Namun saran saya, karena rangkaian diatas sangat sederhana, anda hanya perlu membuat langsung diatas PCB menggunakan spidol permanent. Saya rasa rangkaian diatas sangat mudah untuk dibuat, dan jika anda ragu-ragu anda bisa mencoba diatas project board sebelum melakukan pembuatan langsung.

No comments:
Write comments

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440