Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Monday, January 16, 2017

Rangkaian Pengusir Nyamuk Frekuensi Ultrasonik Sederhana

Membuat Rangkaian Pengusir Nyamuk Gelombang Ultrasonik Sederhana | Nyamuk merupakan suatu binatang terbang yang sangat menganggu sekali, karena gigitannya yang bisa bikin gatal-gatal atau bahkan penyakit. Namun tahukah anda kalau nyamuk sendiri paling takut mendengar suara frekuensi tinggi (ultrasonik) antara kisaran 17KHz-19KHz. Untuk itulah saya akan membagikan rangkaian penghasil frekuensi ultrasonik berikut ini.

Rangkaian ini menggunakan transistor UJT2646 dan juga transistor BC548. Dengan kolaborasi kedua komponen tersebut, menghasilkan gelombang frekuensi tinggi yang akhirnya akan sangat tidak disukai oleh nyamuk (anti mosquito). Berikut ini saya akan sajikan skema rangkaiannya.
skema pengusir nyamuk
Gambar 1. Skema Rangkaian Pengusir Nyamuk
Daftar Komponen:
  1. R1  = 10K
  2. R2  = 680 ohm
  3. R3  = 100 ohm
  4. D1  = 1N4001
  5. P1  = Potensiometer Linear
  6. CI  = 10nF
  7. Tr1 = UJT2646
  8. Tr2 = BC 548
  9. LS  = Tweeter 
Rangkaian ini menggunakan potensiometer linear (potensio yang biasa ada pada equalizer yang bentuknya lurus). Untuk ukurannya sendiri bisa disesuaikan, mau 10K atau 100K juga tidak apa. LS yang digunakan dalam rangkaian ini adalah berjenis speaker tweeter. Anda bisa mendapatkan speaker ini ditoko-toko elektronik.

Yang harus diingat juga dalam pembuatan rangkaian ini adalah pin atau kaki komponen UJT2646, kita harus memperhatikan kaki Basis 1 dan Basis 2 yang sudah saya tandai dalam rangkaian diatas. Transistor ini bentuknya seperti tabung kecil, untuk lebih jelasnya lihat saja gambar berikut ini.
UJT2646
Gambar 2. Konstruksi UJT2646
Rangkaian pengusir nyamuk frekuensi tinggi ini, sudah saya ujicobakan dan berhasil. Anda sendiri bisa membuatnya, karena komponen yang digunakan bisa terbilang mudah didapatkan, terkecuali untuk UJT2646 yang harganya cukup mahal (waktu itu saya beli Rp. 15.000). Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Status:
Berhasil diuju coba

2 comments:
Write comments
  1. maaf itu tweeternya merek apa ya?

    ReplyDelete
  2. gan suara yang dihasilin dari speaker emang gak kedengeran di telinga manusia ?

    ReplyDelete

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440