Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Sunday, February 26, 2017

Mengatasi MemoryPressureReliever exception Pada Atmel

Cara Mengatasi Pesan Error Atmel.VsIde.AvrStudio.Utils.MemoryPressureReliever exception Pada Atmel Studio | Yaa, mungkin bagi perancang program (programmer) sudah tidak asing lagi dengan software atau aplikasi yang satu ini. Saya disini tidak akan menjelaskan lebih lanjut mengenai atmel, namun saya hanya akan membahas masalah yang pernah saya alami pada saat menjalankan Atmel Studio ini.

Sedikit cerita, awalnya laptop saya sudah terinstal oprasi sistem (OS) windows 10 yang bukan versi final. Karena saya ditunjuk oleh pihak sekolah untuk mengikuti suatu ajang atau lomba keterampilan elektronika dan salah satunya ada menggunakan software Atmel Studio akhirnya saya menginstallnya.
Atmel Studio error
Pada awalnya, saya tidak mendapatkan masalah yang bearti dalam mengoprasikan aplikasi Atmel Studio 7 ini. Sayapun pernah mencoba memprogram suatu IC ATmega..... (berapa gitu) untuk membuat running led atau led berjalan. Dan sudah pasti saya tidak menemukan masalah yang berkaitan dengan software atmel ini.

Setelah beberapa bulan tidak menggunakan software atmel studio ini, saya pun melakukan update Windows 10 ke versi final (1607). Walaupun proses update memakan waktu yang lama sekali, tapi alhamdulillah update windows berhasil dilakukan. Dan baru kemarin tanggal 24 Febuari 2017 ketika saya mau membuka kembali aplikasi atmel ini muncul pesan error "An error occurred in the AVRGCC Project Wizard. The wizard execution will be cancelled. The type initializer for 'Atmel.VsIde.AvrStudio.Utils.MemoryPressureReliever' threw an exception."

Wah.. Sayapun langsung kebingungan kenapa bisa jadi seperti ini. Saya pun berusaha mencari-cari pemecahan masalahnya di internet namun akhirnya tidak mendapatkan hasil. Sayapun akhirnya mencoba meng-uninstall atmel studio ini kemudian saya lakukan install ulang aplikasi, namun hasilnya masih tetap sama tak ada perubahan.
Baca Juga : Tutorial Membuat Skema Rangkaian di Eagle Lengkap
Keesokan harinya, saya kembali mencari diinternet dan menemukan suatu forum yang membahas hal yang sama berkaitan dengan masalah yang saya alami. Rupanya masalah ini juga dirasakan oleh orang-orang yang melakukan update windows persis yang saya lakukan sebeumnya.

Langsung to the point saja rupanya masalah ini dapat diatasi dengan cara mengganti file utilities.dll yang ada pada directory tempat anda menginstall program Atmell Studio ini. Untuk file utilitiesnya sendiri bisa anda unduh pada link yang telah saya sediakan. Selanjutnya mari kita ikuti cara cara mengatasi pesan error "An error occurred in the AVRGCC Project Wizard. The wizard execution will be cancelled. The type initializer for 'Atmel.VsIde.AvrStudio.Utils.MemoryPressureReliever' threw an exception." pada Atmel Studio :
  1. Unduh dulu file utilities.zip nya dengan klik disini kemudian di extract
  2. Kemudian pergi ke directory tempat anda menginstall Atmel Studio. Kalau saya ada di C > Program Files (X86) > Atmel > Studio > 7.0
  3. Search atau cari pada folder tersebut dengan kata "Utilities.dll"
  4. Anda akan menemukan 2 files Utilities.dll tersebut. Gantikan kedua files tersebut dengan file yang telah anda download dan sudah di extract.
  5. Terakhir, silahkan restart dan buka ulang Atmel Studio anda. Insya Allah masalah ini akan teratasi
Nah, itulah cara mengatasi pesan error "An error occurred in the AVRGCC Project Wizard. The wizard execution will be cancelled. The type initializer for 'Atmel.VsIde.AvrStudio.Utils.MemoryPressureReliever' threw an exception." Saya sendiri sudah berhasil mengatasi pesan error tersebut. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

No comments:
Write comments

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440