Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Friday, January 20, 2017

Rangkaian Simulasi Lampu Lalu Lintas Sederhana

Membuat Rangkaian Traffic Light Sederhana | Rangkaian Traffic light atau rangkaian simulasi lampu lalu lintas ini menggunakan IC 555 ini, hehe kenapa harus pakai ic 555 lagi min? karena ic 555 ini merupakan ic yang memiliki banyak fungsi yang kita bisa kreasikan sendiri, salah satunya pembuatan traffic light atau lampu lalu lintas.

Seperti yang kita ketahui, lampu lalu lintas memiliki lampu yang berwarna merah, dan oranye dan hijau. Sama halnya seperti rangkaian ini, hanya saja lampu yang digunakan adalah LED supaya tidak memakan daya yang besar pada batrai. Berikut skema rangkaian traffic light.
rangkaian lampu lalu lintas
Gambar 1. Rangkaian Traffic Light
Rangkaian diatas menggunakan supply tegangan sebesar 12V DC untuk mengaktifkan 2 bauah ic 555 sekaligus. Terlihat led merah pada rangkaian diatas terhubung pada output ic 555 sebelah kiri, warna oranye terhubung pada kaki discharge ic 555 kanan, dan hijau terhubung pada output ic 555 kanan.

Bila dilihat dengan seksama, rangkaian diatas menggunakan resistor berukuran 100K untuk led merahnya dan disitu juga terpasang kapasitor 100uF. Begitu juga dengan led hijau, disitu juga terpasang resistor 47K dan kapasitor 100uF. Artinya led merah akan lebih lama aktif dari pada led hijau.

Jika anda ingin memodifikasi rangkaian ini supaya waktunya bisa lebih lama, anda bisa mengganti komponen resistor yang terhubung pada pin 6 dan 2 IC. Jika anda ingin waktunya lebih cepat, maka ganti resistor tersebut dengan ukuran hambatan yang lebih kecil, dan jika anda ingin waktunya lebih lama, maka ganti dengan resistor hambatan yang lebih besar. Selain itu anda dapat juga mengganti kapasitor yang terhubung dengan resistor tersebut.

Rangkaian diatas bisa menggunakan adaptor 12V DC agar penggunaannya lebih efisen dari pada menggunakan batrai 12V. Saya rasa rangkaian ini juga tidak harus menggunakan tegangan 12V DC, 9V DC-pun saya rasa cukup untuk rangkaian ini, karena IC 555 tidak harus membutuhkan tegangan yang besar agar bisa berkerja.

No comments:
Write comments

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440