Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Monday, January 30, 2017

Membuat Rangkaian Amplifier IC TDA2030 Beserta Layout

Membuat Rangkaian Amplifier IC TDA2030 + Layout Terbaru | Jika sudah mendengar tentang rangkaian amplifier, tentu akan sangat luas sekali modelnya. Salah satunya menggunakan IC TDA2030 yang akan kita bahas kali ini. Mungkin bagi anda yang saat ini sedang berada dikelas 12 SMK teknologi tahun 2017, khususnya jurusan TAV atau elektronika mungkin sudah tau rangkaian ini.

Rangkaian amplifier ini tentunya menggunakan 2 buah IC TDA2030 sebagai komponen utama. Rangkaian amplifier TDA2030 inipun berjenis mono, yang artinya hanya menggunakan satu buah speaker. Jika anda ingin membuatnya stereo, maka anda hanya perlu menggandakan rangkaiannya saja dan mengatur input masukan audionya. Berikut ini rangkain amplifier TDA2030.
Rangkaian Amplifier BTL TDA 2030
Rangkaian Amplifier BTL TDA 2030
Rangkaian diatas dilengkapi dengan potensiometer berukuran 50K ohm untuk mengatur volumenya, tapi pada rangkaian sebenarnya tidak menggunakan potensiometer sama sekali. Tegangan kerja untuk rangkaian ini sebesar +15Volt DC - 0 - -15Volt DC, yang artinya trafo atau input tegangan yang digunakan berasal dari trafo (Saya sarankan 2 Ampere).
Baca Juga : Rangkaian Charger (Isi Ulang) Baterai 12 Volt
Rangkaian diatas sebenarnya juga tidak terlalu rumit, karena komponen yang digunakan hanya sedikit dan mudah untuk didapatkan. Sedangkan khusus untuk IC TDA2030 sendiri, kaki IC-nya berbentu zig-zag. Artinya yang didepan ada 3 kaki, dan yang dibelakang ada 2 kaki sehingga total kakinya ada 5.

Rangkaian Amplifier TDA 2030 ini sudah saya rancang sendiri menggunakan software cadsoft eagle 7.2.0. Sehingga didapatkan ukuran PCB yang hanya kira-kira 8,5cm x 6,5 cm. Pada papan pcb juga dilengkapi dengan catu daya yang sudah terpasang kapasitor 1000uF 25Volt, sehingga tidak diperlukan rangkaian catu daya yang terpisah. Berikut gambar tata letak dan penjaluran yang telah saya rancang.
Tata Letak + Penjaluran Amplifier TDA2030
Gambar 2. Tata Letak + Layout Amplifier TDA2030
Jika anda perhatikan rangkaian diatas, kaki sebelah kiri potensiometer dihubungkan ke ground. Hal ini dilakukan agar pada saat memutar volume tidak terbalik posisinya. Potensiometer-pun diletakan dipapan paling depan agar mudah untuk diputar. Selain itu 2 buah IC TDA 2030-pun ditaruh diposisi yang paling belakang, sehingga memudahkan dalam pemasangan heatsink atau pendingin.

Rangkaian diatas bisa anda manfaatkan untuk ampli rumahan berdaya kecil atau hanya untuk memutar musik dimobil. Rangkaian amplifier TDA2030 ini bisa anda buat sendiri dirumah, baik menggunakan software maupun secara manual menggunakan spidol. Jadi sekian postingan mengenai rangkaian amplifier TDA2030 ini, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!

Catatan, jika menemukan nilai komponen resistor sebesar 2K2 maka diganti dengan nilai 22K, karena sebenarnya resistor 2K2 itu tidak ada pada rangkaian tersebut. Jika masih menemukan masalah pada saat pembuatan rangkaian ini, bisa hubungi admin di contact us, terimakasih!

6 comments:
Write comments
  1. mas saya mau buat layout nya tapi ngk jumpa tda2030 nya gimana carinya mas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa nggak jumpa? cari di toko elektronika kan banyak.. Soalnya ini rangkaian khusus dibuat untuk TDA2030, atau Tipe UTC2030

      Delete
  2. Replies
    1. Silhkan baca postingan saya berjudul "Rangkaian Power Amplifier BTL TDA2030
      " disitu ada saya kasik layotnya gan. Cari disearching blog ini

      Delete
  3. Gan saya dah buatnya dgn jalur yg berbeda tapi kenapa masih gg bisa ya? Tegangan (-) nya keluar di bagian output, itu kira2 knpa

    ReplyDelete

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440