Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Wednesday, January 25, 2017

Rangkaian Alarm Dengan Sensor Suara

Membuat Rangkaian Menggunakan Pendeteksi Suara | Rangkaian alarm sensor suara ini merupakan suatu rangkaian yang akan mengeluarkan bunyi/alarm dari buzzer ketika mendeteksi suara dari mic condenser. Rangkaian ini dapat digunakan untuk mendeteksi kaca pecah, suara teriakan, atau suara keras lainnya.

Rangkaian ini menggunakan mikrofon kendenser yang digunakan sebagai sensor suara. Untuk mengatur sensitifitas dari mic condenser ini anda hanya perlu mengubah nilai dari resistor 1 yang bisa anda ganti dengan potensiometer. Ketika rangkaian diaktifkan pada tegangan 6 volt DC maka rangkaian akan dalam mode standby, artinya rangkaian siap mendeteksi suara.

Pada saat mikrofon mendeteksi suara, maka sinyal listrik yang dihasilkan akan diperkuat dan diproses oleh penguat sinyal-sinyal kecil pada rangkaian disekitar transistor T1 BC547. Sinyal yang telah dikuatkan tadi akan diteruskan ke elko C4 melalui dioda D1 1N4148. Transistor T2 berkerja sehingga memicu gelombang tunggal (monostable) pada output IC555. Akibatnya buzzer akan terdengan dengan jangka waktu tertentu sesuai nilai dari C5 dan R7.
rangkaian alarm sensor suara
Gambar 1. Rangkaian Alarm Sensor Suara
Gambar diatas merupakan rangkaian alarm sensor suara kali ini. Rangkaian diatas terdiri dari 2 blok, yakni rangkaian amplifier dan rangkaian clock monostable. T1 dan T2 berfungsi sebagai penguat sinyal sinyal suara kecil yang didapat dari mic condenser.
Baca Juga : Rangkaian Amplifier OCL 150 Watt
Seperti yang telah saya jelaskan diatas sebelumnya bahwa rangkaian ini akan berkerja ketika mendeteksi suara yang akan ditandai dengan keluarnya suara dari buzzer. Buzzer akan aktif dengan jangka waktu yang tetap dan telah ditentukan. Jika anda ingin mengubah jangka waktu dari aktifnya buzzer, maka anda hanya perlu mengubah nilai dari C5 dan R7.

Rangkaian diatas telah berhasil saya ujicobakan. Ketika itu saya membuatnya diatas project board untuk menguji apakah rangkaian diatas berkerja, dan ternyata berkerja dengan baik, Kemudian barulah saya memutuskan untuk membuatnya langsung diatas papan PCB.

Komponen yang digunakan untuk rangkaian diatas sangat mudah untuk didapatkan terlebih pada komponen utamanya yakni IC555 yang hanya berharga 2000 rupiah (didaerah saya pontianak). Sebaiknya, sebelum membuat langsung di papan PCB anda coba dulu diatas project board, agar lebih mudah mengenali kurasakan yang terjadi.



1 comment:
Write comments

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440