Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Saturday, January 21, 2017

Rangkaian Amplifier 4 Channel TDA7375 Sederhana

Membuat Rangkaian Power Amplifier 4 Channel | Pernahkah anda membauat rangkaian amplifier sebelumnya? jika sudah, anda bisa coba rangkaian yang satu ini. Rangkaian ini merupakan rangkaian amplifier yang menggunakan IC TDA 7375 sebagai otak dari sistem kerjanya. TDA7375 mampu membuat 4 channel amplifier hanya dengan satu chip IC. 

Karena amplifier ini memiliki 4 channel sekaligus, maka anda bisa menggunakan 2 channel (stereo) untuk speaker depan (front speaker) dan dua channelnya lagi (stereo) untuk speaker belakang (rear speaker). Rangkaian amplifier 2 channel menggunakan IC TDA7375A bisa anda lihat dibawah ini.
ampli 4 channel
Gambar 1. Rangkaian Amplifier 4 Channel
Jika anda perhatikan gambar rangkaian amplifier 4 chanel diatas, rangkaian tersebut menggunakan potensiometer berukkuran 10K ohm, dan menggunakan kapasitor keramik 220n pada area potensiometer. Pada outuput suara/speaker, disana terpasang elko sebesar 3300uF dengan tegangan kerja sebesar 16V.

Selain itu juga, IC TDA7375 ini memiliki banyak sekali kelebihan dan fitur utama sesuai datasheet ICTDA7375, diantaranya sebagai berikut:
  1. Proteksi Overheating (tahan panas)
  2. Clip detektor
  3. Komponen eksternal yang sedikit
  4. Fungsi Standby
  5. Proteksi Output short (hubung singkat/korsleting)
  6. Proteksi input tegangan terbalik
Rangkaian power amplifier 4 channel menggunakan IC TDA7375 diatas, membutuhkan suplly tegangan kerja sebesar 14,4 volt DC untuk dapat berkerja dengan baik pada tegangan sumber antara 12 volt DC hingga 18 volt DC. Agar dapat mengeluarkan daya output yang lebih besar, anda bisa membuat 2 channel saja. Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

No comments:
Write comments

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440