Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Friday, January 20, 2017

Tutorial Membuat Skema Rangkaian di Eagle Lengkap

Cara Membuat Skema Rangkaian di Eagle | Perkembangan dunia software memang sudah sangat memudahkan perkerjaan kita, salah satunya aplikasi cadsoft eagle yang satu ini. Eagle merupakan suatu aplikasi yang dapat memudahkan kita dalam membuat desain penjaluran pada papan PCB. Ada banyak fitur dieagle ini, diantaranya pembuatan skematik, desain tata letak, desain penjaluran, pembuatan komponen dan lain-lain.
Dalam pembahasan kali ini, saya hanya akan membahas, bagaimana cara kita untuk membuat skema rangkaian di eagle ini. Untuk pembuatan skema rangkaian, ada baiknya anda mesti mengetahui fungsi setiap perintah diagle ini. Berikut saya akan memberitahukan fungsinya.


Mulai dari pojok kiri atas:

    • Move, berfungsi untuk memindahkan posisi komponen
    • Copy, untuk menggandakan komponen
    • Mirror, membalik posisi komponen (efek cermin)
    • Rotate, untuk memutar komponen
    • Group, berfungsi memblok beberapa komponen sekaligus
    • Change, merubah keterangan komponen
    • Paste, menempelkan komponen yang telah dicopy
    • Delete, menghapus komponen
    • Add, menambahkan komponen
    • Pinswap, (tidak pernah saya gunakan)
    • Replace, menggantikan komponen yang dipilih
    • Gateswap, (tidak pernah saya gunakan)
    • Name, merubah nama komponen
    • Value, Merubah nilai komponen
    • Smash, memisahkan antara nama komponen dan komponennya
    • Milter, (tidak pernah saya gunakan)
    • Split, (tidak pernah saya gunakan)
    • Invoke, (tidak pernah saya gunakan)
    • Wire, membuat sambungan komponen
    • Text, menambahkan tulisan 
    • Circle, membuat sambungan lingkaran
    • Arc, membuat sambungan setengah lingkaran
    • Rect. (tidak pernah saya gunakan)
    • Poligon, (tidak pernah saya gunakan)
    • Bus, (tidak pernah saya gunakan)
    • Net, (tidak pernah saya gunakan)
    • Junction, menambahkan titik sambungan
    • Label, menambahkan label komponen
    • Error, untuk mengecek error
    • Dan lain-lain seterusnya
Untuk membuat skematik rangkaian akan saya jelaskan berikut ini:
  1. Siapkan rancangan dari rangkaian yang akan dibuat
  2. Buka aplikasi eaglenya
  3. Setelah muncul pilih, File > New > Schematic
  4. Setelah mucul lembar perkerjaannya, pilih "Add" untuk menambahkan komponen
  5. Setelah komponen dipilih dengan mengetikan nama komponen, klik "Ok" dan tempatkan dimana anda mau"
  6. Lakukan hal itu terus menerus hingga semua komponen yang dibutuhkan telah disiapkan.
  7. Langkah selanjutnya pilih move, untuk memindahkan posisi komponen
  8. Setelah itu, pilih wire untuk menyambungkan antar komponen.
  9. Setelah semua terhubung, klik name, untuk merubah nama komponen. Contohnya, R1, R1, C3, D2, dst..
  10. Dan rangkaian telah jadi dan siap dibuat penjalurannya.
Sebenarnya dalam pembuatan skema rangkaian di eagle, ada banyak cara yang bisa anda gunakan. Seperti memutar komponen, membalikan komponen, menambahkan junction dan lain lain. Semua itu tergantung dari kreatifitas anda sendiri dalam membuatnya. Untuk itu agar lebih memudahkan anda dalam pembuatan skema rangkaian ini, saya telah membuat video tutorial membuat skema rangkaian dieagle.


Pada video diatas, saya telah mempersiapkan, bagaimana cara membuat skema rangkaian di eagle yakni rangkaian clock IC 555. Mungkin, dengan pengenalan video anda akan lebih mengerti lagi mengenai tata cara pembuatan skema rangkaian bagi anda yang belum pernah mencoba aplikasi ini. Saya rasa sekian postingan kali ini, sekian terima kasih, semoga bermanfaat!

No comments:
Write comments

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440