Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Sunday, January 8, 2017

Membuat Rangkaian Power Supply Variable Beserta Layout

Cara membuat power supply variable beserta layoutnya | Seperti yang kita ketahui power supply artinya supply tenaga dalam suatu rangkaian elektronika. Untuk membuat power supply penyearah arus yang baik, dibutuhkan rangkaian yang dapat menekan ripplenya dengan baik juga. Yakni bisa dikenali dari penggunaan elko (Kapasitor Polar) dengan kapasitansi yang besar pula.

Namun kali ini saya akan membahas rangkaian power supply variable menggunakan ic LM 317 dan transistor TIP (yang saya gunakan transistor tip bertipe 31C). Nah untuk mengatur tegangan tentunya menggunakan resistor variable, hanya saja yang saya gunakan disini bukan potensiometer, melainkan menggunakan trimpot. Oke jadi berikut ini skemanya, silahkan amati dan pelajari.
Rangkaian Power Supply Variabel 10A
Gambar 1. Rangkaian Power Supply Variabel 10A
Input rangkaian ini menggunakan arus AC kisaran 12-36 V AC (perkiraan saya). kelebihan rangkaian ini yakni dilengkapi dengan transistor tip yang membuat arus outputnya lebih baik. Yang perlu diingat sebaiknya kapasitor C1 dan C3 bisa anda ganti dengan kapasitansi yang lebih besar agar arusnya lebih bagus tanpa ripple yang berlebihan.

Kemudian yang perlu diperhatikan yakni tegangan kerja dari kapasitor tersebut, jadi harus disesuaikan dengan tegangan output yang dibutuhkan. Jika Anda menggunakan tegangan hingga 50Volt, maka gunakanlah kapasitor dengan tegangan kerja 63Volt atau yang lebih tinggi.

Rangkaian diataspun, mampu mensupplay arus hingga sebesar 10A, jadi cocok bagi Anda yang ingin menggunakan power amplifier berdaya besar pula. Komponen pendukungnya yang dapat mensupplay arus sebesar 10A ini yakni komponen Transistor TIP147

Anda bisa memodifikasi rangkaian ini sedemikian rupa, sehingga hasilnya akan bagus berkualitas, hehe :D Jika anda menggunakan arus yang besar saya sarankan diodanya diganti dengan amper yang besar pula, contohnya dioda tipe 5401 atau dioda 6A atau yang lebih tinggi lagi. Jangan lupa untuk ic dan transistornya dipasangka heatsink.
Ooo.. ya ini bonus tata letak + layoutnya:
Layout Power Supply Variabel 10A
Gambar 2. Rangkaian Power Supply Variabel 10A
Gambar diatas merupakan updatan dari rangkaian power supply variabel 10A. Kenapa saya update lagi, karena pada postingan sebelumnya terjadi kesalahan dalam skema rangkaian, dan kalau skemanya salah otomatis layoutnya juga salah. Jadi dengan ini saya perbaiki lagi rangkaiannya biar Anda tidak kebingungan lagi dalam membuat project ini

Dari contoh layout yang telah saya berikan, saya menggunakan trimpot. Hanya saja jika anda ingin menggunakan potensiometer silahkan saja. ukuran pcb diatas yakni 5,3 cm x 4,9 cm. Jadi sekian postingan kali ini, jika ada pertanyaan silahkan tanyakan saja di kolom komentar atau contact us. Terima kasih :)

24 comments:
Write comments
  1. Replies
    1. yang dipojok kanan bawah itu gan.. cuman ane pakek trimpot bukan potensiometer. Kalau mau pakek potensio, tingal diubah saja gan :)

      Delete
    2. Gan mohon invite pin bb saya 53f5771b atau id line gdjaya_kesuma

      Delete
    3. Gan c4 dan c5nya gak ada coba baca baik baik di bawah gambar yg pertama

      Delete
    4. oh iyaa salah, c1 dan c3 maksudnny.. makasih uda beri tahu

      Delete
    5. Gan saya udah buat schematic power supply nya tapi saya tidak tau yang saya buat benar atau tidak. Saya mau kirim gambarnya bisa kirim lewat mana gan..? Mohon dibantu

      Delete
  2. Gan boleh minta pin bb atau id line gak saya punya banyak pertanyaan nih

    ReplyDelete
  3. Gan apa bedanya power supply yg ini sama yang ic 317 yang anda posting sebelumnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda gan.. yang kemaren banyak kesalahannya.. jadi saya rilis yang baru yang lebih bener.

      Delete
    2. Gan saya udah buat schmaticnya tapi saya tidak tau yang saya buat benar atau tidak. Saya mau kirim gambarnya bisa saya kirim lewat mana gan?

      Delete
    3. kirim lewat email saya saja : iqbal.pramudya00@gmail.com

      Delete
    4. Gak ktemu gan. Lewat line aja nama saya gd jaya

      Delete
  4. Mau nanya itu pakai trafo gk ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung, kalo tegangan nya dari pln, yaa harus diturunin dulu pakek trafo

      Delete
  5. Kalo pake psu komputer bsa gak gan,? Arus di ambil dr +12v sama-12v,biar jd 24 volt.ada pergantian komponen resistor ato elco gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pakek itu nggak ada titik nol (CT/GROUND) nya gan. saran saya pakek tarfo saja

      Delete
  6. Tip 147 nya di ganti dg 2buah tip3055 gmn gan,sma gak ukuran resistornya,?soalnya di tmpt sya gx ada yg jual tip147

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa tidak perlu ganti, gunakan saja nilai yang sama

      Delete
  7. Pada rangkaian yg saya buat sesuai skema diatas Kenapa r1 nya gosong kebakar gan?
    Sdh saya cek berulang2 yg saya buat jalur sama dengan yg di atas.
    Trmksh

    ReplyDelete
  8. Maaf maksud saya R3=120 yang gosong

    ReplyDelete
  9. Kalo tip147 di gnti sanken 2sa1216 bsa gak,itu kam ampere nya lbh bsar gan

    ReplyDelete
  10. Mlam Om Gagan,
    Saya mau tanya dong,
    Kalo V In pake DC bekas PS Pc kira2 bisa gak pake layout itu, soal'a disitu kan pake dioda.
    Masih belajar ni Om.
    Trims

    ReplyDelete
  11. Mlam Om Gagan,
    Saya mau tanya dong,
    Kalo V In pake DC bekas PS Pc kira2 bisa gak pake layout itu, soal'a disitu kan pake dioda.
    Masih belajar ni Om.
    Trims

    ReplyDelete

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440