Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Thursday, January 26, 2017

Rangkaian Proteksi Panas (Anti Overheat) Kipas Angin

Membuat Rangkaian Proteksi Panas Kipas Angin | Seperti yang kita ketahui, bahwa didalam kipas angin, terdapat yang namanya motor kipas yang didalmnya juga terdapat yang namanya kumparan listrik. Nah, kumparan inilah yang membuat motor bisa berputar dengan bantuan magnet didalamnya. Namun hal ini sangat rentan terjadinya panas hingga menyebabkan kumparan motor terbakar.

Karena motor terus berputar hingga menyebabkan terjadinya panas, dalam hal ini yang kita khawatirkan adalah panas yang berlebihan. Rangkaian ini dapat melindungi motor kipas angin DC dari panas yang berlebihan dengan 2 komponen utama yakni Mosfet dan NTC.

Rangkaian ini berkerja dengan mendeteksi temperatur motor kipas angin DC menggunakan komponen NTC atau Negative Temperature Coeficient yang ditempelkan di bodi kipas angin atau didekat motornya sehingga apabila NTC mendeteksi suhu yang panas maka nilai resitansi NTC akan menurun.
proteksi panas kipas angin
Gambar 1. Rangkaian Proteksi Panas Kipas Angin DC
Rangkaian proteksi panas/overheating kipas angin ini sangat sederhana, dimana hanya dibangun dari sebuah MOSFET yang dikontrol dengan pembagi tegangan komponen resistor NTC. Mosfet yang digunakan sendiri adalah mosfet dengan tipe NDP6060L, anda bisa menggantinya dengan tipe yang bisa dibilang sejenis.
Disarankan : Rangkaian Kabel Tester IC CA3130
Cara kerja rangkaian proteksi panas kipas angin dc diatas, adalah dengan mengatur kecepatan motor kipas angin berdasarkan temperatur motor kipas angin tersebut. Proses pengendalian kecepatan motor kipas angin  tersebut dilakukan dengan memberi bias tegangan gate MOSFET melalui resistor pembagi tegangan atau NTC. 

Kemudian mosfet akan mengalirkan  supply tegangan dari VCC (+12 volt DC) ke motor kipas angin melalui kaki Drain (D) dan Source (S). Besarnya supply tegangan yang dialirkan mosfet ditentukan oleh bias tegangan kaki Gate (G), dimana bias tegangan gate tersebut ditentukan oleh temperatur motor kipas angin karena pembagi tegangan yang dibangun menggunakan NTC.

Rangkaian diatas sangat bermanfaat sekali bagi anda yang biasa menggunakan kipas angin DC dalam jangka waktu yang lama, karena dengan rangkaian ini akan mengurangi kemungkinan kerusakan yang diakibatkan oleh panas yang berlebihan dari motor DC kipas angin tersebut.

No comments:
Write comments

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440