Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Sunday, January 8, 2017

Membuat Rangkaian Saklar Dengan Sensor Suara Terbaru

Rangkaian Saklar dengan sensor suara 100% pasti bisa | Oke kali ini saya akan membahas mengenai skema rangkaian sensor suara, yang alias saya sendiri sudah pernah mencoba untuk membuatnya. Rangkaian ini menggunakan 2 buah IC sekaligus, yaitu IC NE555 dan IC4017. Yang dipadukan dengan menggunakan rangkaian amplifier.

Perlu anda ketahui saya sebelumnya sudah mencoba mencari rangkaian sensor suara yang lain dan hasilnya sangat mengecewakan. Karna rangkaian tersebut salah dan sudah banyak bereder diinternet akhirnya orang-orangpun membuatnya dan khirnya gagal! 

Kemudian saya berinisiatif sendiri melakukan percobaan dengan menggabungkan rangkaian penguat suara, rangkaian clock, dan rangkaian decade counter dan BERHASIL! Untuk itulah saya membagikan rangkaian ini agar kita semua bisa membuatnya tanpa harus takut gagal. Oke silahkan lihat dan pelajari skema berikut ini:
sensor suara
Gambar 1. Skema Rangkaian
Kalau nggak jelas yaa, diperbesar saja gambarnya. Jadi bisa dilah disitu saya mengguakan ic 4017 untuk memindahkan posisi outputnya. saya hanya menggunakan 3 buat output. Yang pertama LED merah, kemudian kalau kita keluarkan suara dekat mic condensernya maka gantian led biru yang aktif, dan kalau terdengar suara lagi maka, relay akan on begitu seterusnya.

Oh iya sensitivitas dari mic ini sudah saya atur sehingga suara yg terdektesi akan pas menurut saya. Jika pengen bisa diubah, ganti aja salah satu resistor yang mengarah ke mic dengan potensiometer, terserah ukurannya berapa.
Baca Juga : Rangkaian Amplifier 18 watt IC LA4440
Yang perlu diingat cara menggunakannya:
  1. Rangkaian ini menggunakan mic sebagai pendekteksi suaranya
  2. Jika rangkaian dihidupkan maka lampu led biru akan hidup, jika mendektesi suara, maka lampu led merah yang hidup, jika mendektesi suara lagi, maka relay akan on.
  3. Jika suara yang terdektesi terlalu banyak atau keras atau lama, maka rangkaian akan tidak stabil.
Bonus Layout+tata letak(sebagai panduan semata):
sensor suara
Gambar 2. Tata Letak

penjaluran
Gambar 3. Penjalura
Baik sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba bagi kalian yang ingin membuatnya. Oh iyaa jika ada masalah dalam proses pembuatan hubungi saja saya di contact us yang ada di bawah website saya. Sekian dan terimakasih :)

Status:
Berhasil diujicoba



24 comments:
Write comments
  1. Bang kiriman kan file eagle nya firmanhermanto517@.gmail.com
    Makasih bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. bang minta file eaglenya boleh kirim ke rafisyaifulloh197@gmail.com

      Delete
  2. gan bisa kirimkan file eaglenya ke fadelzein@yahoo.co.id thanks

    ReplyDelete
  3. gan bisa kirimkan file eaglenya ke rakafarhan1997@gmail.com thanks

    ReplyDelete
  4. Min tolong kirim juga file eaglenya ke fmakhyar@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Min bisa kirimin file eaglenya ke thekirai14@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Kalau seumpama rangkaian mainan anak dirubah saklarnya jadi saklar sensor suara bisakah?

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Bang kiriman kan file eagle nya agusfawzie@gmail.com
    Makasih bang

    ReplyDelete
  9. Bang minta tolong dikirim ke tubagusferdyp@gmail.com

    ReplyDelete
  10. mas minta pdf untuk saklar sensor suaranya kirim ke emailya saya tunggu
    wijatmikotitis@gmail.com

    ReplyDelete
  11. mas, sorry nih, saya boleh minta file eagle dan semua yang dibutuhkan. ini email saya primajatia@yahoo.com. thanks mas

    ReplyDelete
  12. Bang minta tolong dong file pdf saklar sensor suara dikirim ke email sibolgakota1001@gmail.com
    Saya mau mencoba buatnya bang.

    ReplyDelete
  13. Bang mic nya bagus pakai yang kecil apa yang besar ya.

    ReplyDelete
  14. Bang minta ma af boleh minta eagle nya kirimkan ke akbaakbarshendy770@gmail

    ReplyDelete
  15. Tegangan input nya berapa gan ?

    ReplyDelete
  16. Kirim file eaglenya di bagoesbudi92@gmail.com

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Pakai tegang berapa mas ke rangkaian nya, tegangan 220v/12v.terimakasih

    ReplyDelete

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440