Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Monday, January 23, 2017

Rangkaian Sirine Polisi IC 555

Membuat Rangkaian Sirine Poisi Sederhana | Rangkaian sirine polisi ini lagi-lagi menggunakan IC 555 yakni IC favorit saya dalam membuat rangkaian elektronika. Rangkaian ini mirip dengan postingan saya sebelumnya mengenai rangkaian sirine yang bisa anda cari disitus ini.

Rangkaian ini juga menggunakan 2 buah IC, yakni IC 555 atau IC NE555 atau IC LM555. Rangkaian ini menggunakan prinsip clock dengan nilai kapasitor dan resistor yang telah ditentukan, agar suaranya pas atau mirip dengan suara sirine polisi yang biasa anda dengar itu. Jika anda mengubah nilai resistor atau kapasitor pada rangkaian IC 555 tersebut maka, akan berpengaruh pada suara yang dihasilkan.
rangkaian sirine polisi
Gambar 1. Rangkaian Sirine Polisi
Rangkaian diatas dapat berkerja dengan baik jika diberi supply tegangan antara 5V DC hingga 15V DC. Output dari rangkaian ini menggunakan speaker yang diproteksi dengan kapasitor 10uF untuk memblokir arus DC agar tidak merusak speaker jika rangkaian mengalami masalah.

Jika anda ingin agar suara yang dihasilkan bisa diubah-ubah, maka anda bisa menambahkan potensiometer didekat resistor 1K atau 10K yang terhubung pada kaki 7 IC NE555. Kaki 5 IC 555 yang kiri hanya sebagai pembagi tegangan 2/3 VCC sehingga jika tidak digunakan pun tidak masalah.

Perhatikan bahwa kaki 8 dan 4 digabung, yakni kaki VCC dan kaki reset sehingga rangkaian akan berjalan terus menerus. Sedangkan pada kaki 6 dan 2 digabung sehingga akan menentukan pewaktuan pada saat proses pengisian kapasitor 10uF.

Rangkaian diatas dapat anda buat sebagai bahan percobaan mengenai IC 555, atau hanya sekedar iseng-iseng mengisi waktu luang. Karena komponen rangkaian diatas sangat mudah untuk didapatkan di toko elektronik. Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

10 comments:
Write comments
  1. Gan rangkaian yg ini ada schematicnya gak gan biar saya gampang buatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oww mksudnya layout?, nggak ada gan, saya cuman sediain skema rangkaiannya saja :)

      Delete
  2. Dalam bentuk eagle maksud saya. ada gak gan

    ReplyDelete
  3. Punya rekomendasi penguat suara nggak buat toa 30 watt ?
    ini sirinenya pelan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sirinenya pelan, tambahin rangkaian amplifier aja mas di output speakernya.

      Delete
  4. Pust button nya di taruh dimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaloo yang ini rangkaiannya langsung hidup kalo disambungin batrai, cuma kalau mau ditambahkan push button atau saklar, dipasang saja secara seri di sambungan yang mengarah ke batrai

      Delete
  5. Apa Suara yg dihasilkan keras/kecil?

    ReplyDelete
  6. Nggak terlalu besar, kalau mau diperbesar ditambahkan rangkaian Amplifier

    ReplyDelete

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440