Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Friday, May 26, 2017

Mempelajari Sistem Power Amplifier OCL (Output Capacitor Less)

Mengenal Sistem Power Amplifier OCL | Setelah kemarin saya telah memposting tentang sistem power amplifier OTL, maka kali ini akan saya lanjutkan lagi dengan membahas sistem power amplifier OCL. Power Amplifier OCL merupakan singkatan dari Output Capacitor Less, buat teman teman SMK teknik audio video mungkin tidak asing lagi dengan istilah tersebut.

Sistem power amplifier OCL tentunya berbeda dengan sistem OTL. Pada power amplifier OCL lebih sering digunakan untuk daya amplitudo yang besar sehingga suara yang dihasilkanpun cukup keras. Karena daya amplitudo yang digunakan besar, maka biasanya pada power amplifier OCL ini dipasangkan catu daya atau power supply tegangan simetris V(+), V(-) dan Ground (0) yang memang lebih aman ketika output dikeluarkan ke speaker.
Ciri khas lainnya pada sistem power amplifier OCL ini adalah terdapat pada output speakernya (beban keluaran). Dimana salah satu ujung speaker terhubung dengan jalur CT atau yang biasa disebut dengan Ground (0). Untuk lebih jelasnya lagi saya akan berikan contoh power amplifier OCL berikut ini:
Amplifier OCL
Gambar 1. Contoh Rangkaian Amplifier OCL
Sumber : https://psmk.kemdikbud.go.id/
Jika kita perhatikan skematik diatas, terdapat 2 buah transistor penguat akhir yang berdaya cukup besar yakni transistor jengkol 2955 dan 3055. Jadi wajar saja suara yang dihasilkan pada power amplifier OCL ini cukup besar dan ngebass, karena saya sendiri sudah pernah membuat rangkaian diatas.

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, power amplifier OCL ini menggunakan tegangan simetris, namun khusus pada rangkaian diatas tegangan yang digunakan berkisar pada 30-42 Volt DC pada masing masing input tegangan.

Namun pada power amplifier OCL diatas juga memiliki kelemahan, yakni apabila terjadi short circuit pada papan rangkaian atau pada komponen, maka output beban yakni speaker sebagai pengeras suara kemungkinan akan langsung rusak. Jadi bagi anda yang tertarik membuat rangkaian diatas silahkan dicoba saja.


1 comment:
Write comments
  1. Mas/pak, saya mau nanya rangkaian OCL saya saat pengecekan Dc dan Ac, Dc nya keluar banyak dan Ac nya malah tidak keluar, itu biasanya kerusakan pada bagian apa ya??? Terima kasih.

    ReplyDelete

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440