Semua layanan bukaelektro.com dipindahkan ke situs AIESIE
https://www.aiesie.com
(Aksi Ide Eksperimen Sains Ilmu Elektronika)

Monday, February 6, 2017

Pengertian dan Fungsi Setiap Pin IC 555

Pengertian dan Fungsi Setiap Kaki IC 555 | IC 555 atau biasa disebut pewaktu 555 merupakan sebuah sirkuit atau rangkaian terpadu yang digunakan untuk menghasilkan pewaktuan, gelombang kotak atau multivibrator (sinyal penggetar). IC ini didesain oleh Hans R. Camenzind pada tahun 1970 dan baru diperkenalkan setelah setahun kemudian yakni 1971 oleh Signetics.

Nama asli dari IC ini adalah SE555 atau NE555 dan dijuluki sebagai "The IC Time Machine" yang artinya IC mesin pewaktuan. Nama 555 diambil dari komponen penyusunnya yang didalamnya terdapat 3 resistor 5K ohm yang disusun secara seri pada sirkuit awal.

IC ini masih digunakan secara luas dikarenakan kemudahannya, kemurahannya, dan tingkat stabilitasnya yang baik. Hingga pada tahun 2008, diperkirakan 1 juta unit diproduksi setiap tahun. IC ini dalam komponen penyusunnya biasanya terdiri dari 15 resistor, 2 diode, 20 transistor dalam satu kemasan silikon yang terdiri dari 8 kaki.
Gambar 1. IC555
Gambar diatas merupakan konfiurasi dari IC 555 pada setiap pin atau kakinya. Kita bisa lihat bahwa IC ini terdiri atas 8 buah pin, 4 pin dikiri dan 4 pin dikanan. Kaki 1 ditandai dengan tanda setengah lingkaran pada ic dan disebelah kirinya. Sedangkan untuk kaki GND berada di pin 1 dan kaki VCC berada pada pin 8 IC 555 ini.
Gambar 2. Blok Diagram IC 555
Blok diagram IC 555 ini sesuai dengan gambar diatas, dimana kita lihat terdapat 2 buah komponen komperator tegangan (pembanding tegangan), rangkaian flip-flop, resistor dan lain-lain. Masing-masing blok memiliki fungsinya masing masing, sehingga rangkaian ini dapat berkerja sedemikian rupa. Berikut ini, saya akan sajikan juga komponen penyusun dari IC555 ini.
Gambar 3. Rangkaian Penyusun IC 555
Pada gambar diatas terdapat puluhan transistor yang digunakan, agar rangkaian ini berkerja. Sekilas fungsinya memang sangat sederhana ic 555 ini, tapi komponen penyusunnya sangat banyak sekali, yaa saya tidak bisa menjelaskan detail mengenai peran setiap komponen, karena jujur, saya sendiri terkejut ketika melihat komponen penyusun IC 555 yang sangat banyak ini.

Penjelasan beserta gambar diatas, saya dapatkan dari datasheet komponen IC555, jika anda ingin mendalami salah satu komponen aktif ini, anda bisa mendownload saja datasheet komponen IC555. Nah... selanjutnya kita akan bahas fungsi setiap pin IC555.

Fungsi Setiap Kaki IC 555:

  1. GND, Ground (0Volt) 
  2. TR, Trigger berfungsi sebagai pemantik atau penyulut agar pewaktuan berkerja
  3. Out, Output IC555 jadi selama dalam pewaktuan maka keluaran berada pada +VCC
  4. Reset, berfungsi menyela atau menghentikan interval pewaktuan jika diberi pula 0 volt
  5. CV, Control Voltage berfungsi sebagai pembagi tegangan sebesar 2/3 VCC
  6. Threshold, berfungsi untuk menentukan akhir pewaktuan ( pewaktuan berakhir jika Vthr dibawah 2/3 VCC)
  7. Discharge, bisanya disambungkan ke kapasitor dan berfungsi untuk pengosongan kapasitor. Selama pembuangan kapasitor menentukan interval pewaktuan
  8. V+, supply tegangan postif untuk IC555 antara 3Volt - 15Volt DC
Mungkin, anda masih bingung apa itu pewaktuan, pewaktuan sendiri merupakan lamanya tegangan output pada saat bertegangan positif (+) atau berlogika tinggi. Jadi dengan mengetahui fungsi IC555 diatas anda diharapkan dapat membuat beraneka ragam rangkaian dari IC555 ini.

IC 555 dapat digunakan untuk membuat timer waktu mundur, gelombang kotak, rangkaian mostabel, rangkaian multivibrator, rangkaian sensor dan masih banyak lagi. Untuk harga dari IC 555 ini sendiri berkisar antar 2000 hingga 5000 rupiah dan sangat mudah didapatkan ditoko elektronik.


No comments:
Write comments

Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440